kota kelahiranku ( Sumbawa Besar - NTB )

   Sumbawa besar mempunyai banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan tapi belum banyak diketahui para wisatawan..
Sumbawa juga mempunyai banyak pulau-pulau kecil yang menyimpan banyak keindahan alam yang masih alami. Contohnya pulau moyo, pulau kanawa, pulau bungin, dll.
Kalau pulau moyo sih udah terkenal diluar negeri..
Aku deskripsikan pulau kanawa yaa .. belum banyak yang tau loh !
Pulau kanawa

Pulau kanawa

Kanawa
Gimana ? Baguskan .. ☺
Rencanain tujuan wisatamu keSumbawa yaa

   Selain tempat wisata Sumbawa juga punya banyak banget makanan khas nya loh ..
Ada singang, sepat, pelu, gecok, goreng, ikan sirapadang, sirasang, dll.
Aku deskripsiin sepat ajaa ya .. 


     Di Pulau Sumbawa tepatnya di Kabupaten Sumbawa, juga menyimpan kuliner khas lain yakni ikan kuah sepat khas Sumbawa. Ikan celup kuah sepat adalah ikan bakar tapi bisa juga digantiin udang, dll pokok nya semacam seafood gituu ...  biasa nya disajikan dengan nasi putih, sambal tomat dan irisan mentimun. Ikan yang dipilih biasanya adalah jenis kakap dan baronang serta berukuran sedang.
Kuah sepat terbuat dari terong, mangga muda, daun aru dan ketimun belimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam Sumbawa. Bahan ditaruh di dalam mangkuk kemudian dituangi air. Kuah sepat disajikan tanpa dimasak lebih dahulu. Ini menjadikan kuah ini terasa asam segar. Rasanya seperti acar. Bedanya, asam kuah ini alami dari bahannya, bukan karena cuka.

Masakan yang menggunakan kuah sepat bisa disebut ikan celup kuah sepat karena cara memakannya. Daging ikan disuwir, dicelupkan ke kuah sepat lalu dicocolkan di sambal tomat, baru dimakan.

Saat menyentuh lidah, rasanya lengkap. Ada rasa manis dari ikan bakar, asam kuah sepat serta pedas dari sambal tomat. Semua papila lidah mencecap masakan. Kita akan berpikir, masakan ini lezat.

Ikan kuah sepat paling pas disantap saat makan siang. Nasi putih pulen berpadu dengan citarasa masakan ikan memberi kenikmatan dan pasokan energi setelah tenaga dikuras.

Sembari menyantap ikan kuah sepat, paling pas ditemani kelapa muda utuh dengan perasan jeruk nipis. Hmm... siang bolong nan terik jadi terasa sejuk dan segar.
Masakan yang satu ini terbuat dari ikan yang diiris medium size dan dibakar. Lalu dihidangkan dengan kuah dengan bumbu-bumbu yang begitu lezat. Ibu- ibu yang ngidam selalu pengennya sepat, makanan ini populer di Sumbawa. Memang inilah salah satu resep masakan khas daerah Sumbawa.
Udaah dulu yaaa ..
Byeeee😀




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Pemerintahan ( FISIP-UMM )